hot business

hot business
Cerdas Financial bersama www.cerdasfinansial.net/investasi
More Info .... 0819 560 9388 BB 26D62A12 Rully AS

PASSWORD : 123456

3.10.10

Tips Mengajarkan Disiplin Sejak Usia Balita


Mendidik anak yang sedang dalam usia balita memang dapat dikatakan sebagai seni tertinggi dalam dunia pendidikan. Disinilah kemampuan seorang maha guru dapat teruji apakah mempunyai kemampuan yang pantas dibanggakan atau tidak. Sebab mendidik anak di usia balita semua kemampuan logika dan nurani harus dapat berjalan seiring dan sejalan. Oleh karena itu mungkin guru yang terbaik yang pernah kita punya adalah orang tua kita , khususnya ibu kita.

Masalah membentuk nilai disiplin pada anak biasanya muncul ketiga anak mulai berusia 3 tahun. Pada usia ini anak yang semula selalu lucu, imut dan menggemaskan mulai mempunyai banyak keinginan sendiri , dan apabila mendapatkan tentangan maka segala daya upaya akan dia lakukan untuk tetap mendapatkan keinginannya. Bahkan bisa saja menampilkan sikap menantang kepada orang tuanya.

Mungkin anda sudah mengalami hal ini dan sebagian dari para orang tua akan merespon dengan sikap keras baik berupa perkataan maupun perbuatan fisik seperti cubitan ataupun pukulan dipantat. Hal ini tentu merupakan sikap untuk menunjukkan dominasi orang tua kepada anak yang memberikan pesan orang tua tidak boleh dilawan dan menngajarkan nilai disiplin.

Apakah hal itu akan berhasil ? berita buruknya adalah seorang anak dengan masa kecil sering mendapatkan perlakuan keras baik secara perkataan maupun perbuatan maka dimasa pertumbuhan selanjutnya akan cenderung mempunyai sifat agresif terhadap lingkungannya termasuk juga kepada teman-temannya.

Jika hal itu hanya akan memperburuk perkembangan perilaku anak mengapa harus kita lakukan bukan ? Ya, memang ini sangat tidak benar meskipun kita tahu , terkadang susah untuk mengendalikan diri kita saat marah karena anak yang nakal dan susah dikendalikan.

Para orang tua diharapkan untuk tetap dapat sabar dan menahan diri dan belajar mengajarkan nilai kedisiplinan dengan cara yang berbeda.

Anda bisa menerapkan beberapa hal dibawah ini mengajarkan nilai kedisiplinan kepada anak anda yaitu :

1.      Gunakan Kata yang berulang

Hal ini adalah proses belajar yang perlu anda pahami. Bila anda ingin melarang anak melakukan sesuatu gunakan kata : jangan, jangan , jangan yang berulang-ulang dan tentu disertai dengan bahasa tubuh yang lembut. Sembari melakukan hal tersebut cobalah anda mengalihkan perhatian anak ke sesuatu yang lain agar segera melupakan keinginannya tadi dan tetap merasa senang.

 
2.      Berikan Penghargaan .

Apapun tipe anak anda, pasti senang dengan penghargaan. Anak saya sangat senang apabila melakukan sesuatu yang baik maka saya mengucapkan kata “pinter” sambil bertepuk tangan… respon yang diperoleh anak saya  langsung ikut bertepuk tangan dengan tertawa

3.      Berikan Contoh

Anak adalah cerminan dari orang tuanya, ya hal itu memang sangat tepat. Maka apabila anda ingin mengajarkan nilai kedisiplinan maka anda harus memberi contoh dan terlibat dengannya. Misal jika anda ingin anak anda merapikan mainanya dan menaruhnya didalam box , maka anda harus mengatakan kata yang singkat dan berulang misalnya
Ayo masukkan , ayo masukkan … berulang-ulang sambil anda ikut memberikan contoh memasukkan mainan ke box. Jika sudah selesai ucapkan kata pujian ataupun isyarat bahwa anda bangga padanya.

4.      Konsisten mengatakan “tidak” sesuatu yang tidak benar

Ini perlu anda lakukan dimanapun si kecil dan anda berada saat itu.
Misal anak saya sangat suka main diluar ruangan. Akan tetapi kondisi sedang turun hujan deras. Maka meskipun anak saya ingin bermain diluar , tetap tidak diperbolehkan dengan mengatakan hujan , hujan , hujan ….(berulang-ulang). Biasanya hal ini akan direspon dengan mulai meronta-ronta, menangis dan sebagainya… anda harus tetap konsisten mengatakan tidak dan menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti anak anda.

Susah ya jadi orang tua ..?

Tapi Coba anda maknai hal ini… Anda perlu bersyukur memiliki anak, karna banyak pasangan, banyak orang tua yang berusaha keras mengorbankan waktu , harta dan semuanya hanya untuk mendapatkan anak .

So orang tua .. good luck !

[disarikan dari berbagai sumber]
Terima kasih untuk menyempatkan diri melakukan Klik pada Iklan Adsense yang telah tersedia


Dear My Friends :

Beritahu Teman
Jika Artikel ini bermanfaat bagi anda
melalui Tombol jejaring sosial yang tersedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan Ber-Etika dan Sopan saling menghargai .... Berbagi itu Indah

PASSWORD : 123456

PRIMBON RAMALAN JODOH

lazada.co.id