hot business

hot business
Cerdas Financial bersama www.cerdasfinansial.net/investasi
More Info .... 0819 560 9388 BB 26D62A12 Rully AS

PASSWORD : 123456

2.10.10

Tips Melatih Bicara Anak Sejak Dini

Komunikasi adalah kegiatan yang tidak terpisahkan dari hidup kita sebagai manusia. Bahkan komunikasi adalah bagian dari kebutuhan kita sebagai makhluk social yang saling membutuhkan satu dengan lainnya.

Kemampuan berkomunikasi ini secara umum diaplikasikan dalam bentuk suara yang kita kenal dengan berbicara. Bagi orang dewasa tentu sudah hampir lupa bagaimana awal kita bisa berbicara, oleh karena itu banyak orang dewasa yang telah menjadi papa dan mama baru sering mengalami kesulitan untuk mengajarkan dan melatih anak mereka mulai berbicara.

Betapa pentingnya kemampuan berbicara yang harus dipunyai oleh setiap orang membuat sangat penting untuk melatih berbicara sejak dini kepada anak yang tentunya akan sangat membantu kemampuan berkomunikasi dan interaksi social dengan lingkungannya.

Dan yang harus diketahui lagi bahwa ternyata sensor memori anak memiliki kemampuan untuk menyerap dan merekam apa saja yang orang tua katakan dan suatu saat anak akan dapat menirukan apa yang dia rekam.
Oleh karena itu akan sangat penting bagi orang tua yang mulai melatih anak  berbicara dengan mengajarkan hanya kata-kata yang pantas diucapkan saja. Jika tidak siap-siaplah menerima anak anda mulai berbicara kata-kata apapun yang dia sering dengar meskipun kata-kata tersebut tidak pantas untuk diucapkannya.

Berikut adalah tips yang dapat digunakan untuk mengajarkan bicara bagi anak balita Anda yang dapat dimulai sejak dini. Semakin dini dilatih akan semakin baik.
1.      Ajaklah bicara anak sesering mungkin. Bicara tentang tema apa saja meski anak anda belum tentu mengerti apa yang anda katakana
2.      Bicaralah dengan suara yang lembut, karena kata-kata yang lembut cenderung dirasakan sebagai kasih sayang dan lebih disukai anak anda.
3.      Gunakan nada yang riang dan manja. Kodrat anak yang memiliki rasa manja dan riang akan membuat mereka lebih memperhatikan apa yang anda bicarakan
4.      Jangan pernah berbicara buruk atau kotor didepan mereka. Karena apa yang Anda ucapkan akan tersimpan di memori otak anak. Suatu saat bahkan kadang seketika kata-kata itu akan ditiru oleh anak Anda.
5.      Coba dengarkan pula respon anak anda dalam menanggapi kata-kata anda. Responlah dengan lembut sehingga anak merasa senang karena apa yang dia ucapkan dianggap dapat anda pahami sehingga akan anak lebih sering berkata-kata meskipun tidak terlalu jelas.
6.      Jika anak anda mengatakan sesuatu dan belum benar, tirukan dengan kata yang benar , dan ulang-ulang sambil menikmati permainannya
7.      Secara alami anak kecil akan sangat suka bermain, jadi selalu kombinasikan proses melatih bicara ini dengan permainan-permainan sehingga anak lebih intens dalam berinteraksi.
8.      Selalu berikan pujian baik dengan kata-kata maupun bahas tubuh lainnya jika anak mengatakan sesuatu dengan tepat dan jelas.

So parents … selamat bermain !
[disarikan dari berbagai sumber]

ARTIKEL TERKAIT :
1. Tips Mengajarkan Disiplin Sejak Usia Balita
Terima kasih untuk menyempatkan diri melakukan Klik pada Iklan Adsense yang telah tersedia

Dear My Friends : 
Beritahu Teman 
Jika Artikel ini bermanfaat bagi anda 
melalui Tombol jejaring sosial yang tersedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan Ber-Etika dan Sopan saling menghargai .... Berbagi itu Indah

PASSWORD : 123456

PRIMBON RAMALAN JODOH

lazada.co.id