hot business

hot business
Cerdas Financial bersama www.cerdasfinansial.net/investasi
More Info .... 0819 560 9388 BB 26D62A12 Rully AS

PASSWORD : 123456

9.5.10

Tips Menulis Curriculum Vitae : Kunci Sukses Lowongan Kerja

Penulisan curriculum vitae adalah suatu seni untuk memperkenalkan diri kita secara jujur sekaligus mempromosikan diri kita. Pada dasarnya penulisan curriculum vitae ini bertujuan agar orang yang membaca dapat mengerti keadaan dan kemampuan kita serta tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dengan memanggil kita untuk proses seleksi lebih lanjut

Disetiap Negara mempunyai format Curiculum Vitae yang berbeda-beda yang sangat dipengaruhi oleh budaya serta norma-norma yang berlaku di Negara tersebut.
Dibeberapa Negara barat dalam curriculum vitae sering dilampirkan hal-hal yang menurut norma budaya kita adalah hal yang pribadi misal : foto pernikahan , foto keluarga dll, sedangkan dinegara kita hal tersebut sangat tidak lazim dan seringkali dianggap berlebihan.



Secara umum urutan penulisan Curiculum Vitae adalah sebagai berikut :

1. Data Identitas Pribadi
Dalam hal ini cantumkan identitas anda dengan benar dan jelas.
Nama , Jenis Kelamin , tempat dan tanggal lahir , Agama , Status perkawinan Alamat lengkap , nomor telp/Hp dan untuk saat ini alamat email adalah komponen yang sangat perlu, anda akan jauh lebih dipandang dengan mempunyai alamat email. Tentunya buatlah alamat email dengan nama yang cukup formal , bukan nama gaul.
2. Pendidikan
Dalam Hal ini cantumkan pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya.
Pisahkan antara pendidikan formal dan non formal. Urutkan mulai dari jenajng pendidikan terkini baru ke jenajng yang telah lampau.
Orang akan lebih ingin tahu jenjang pendidikan terakhir anda , bukan dimana SD anda.
3. Kemampuan
Uraikan kemampuan anda secara singkat dan jelas. Uraian ini sedapat mungkin berkaitan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar sehingga orang lain dapat melihat korelasinya.
4. Pengalaman kerja
Cantumkan uraian singkat pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya dengan Jenis jabatan, tanggung jawab, wewenang pekerjaan serta periode kerja anda.
Cantumkan juga Nama Atasan anda sebagai referensi, sehingga apabila perusahaan yang anda lamar ingin melakukan checking dapat menghubungi yang bersangkutan. Tentu saja hal ini harus anda harus minta persetujuan dari yang bersangkutan, dan tentunya yang dapat memberikan informasi yang baik terhadap reputasi anda.
Sama seperti jenjang pendidikan , urutkan dari pekerjaan anda yang terkini baru ke yang sebelumnya.
5. Pengalaman Organisasi
Cantumkan pengalaman organisasi yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, tidak perlu anda isi.
6. FOTO
Lampirkan foto terbaru anda , berwarna dan berpakaian resmi. Kecuali anda melamar menjadi model iklan tentu anda harus menyesuaikan foto yang anda kirimkan

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas , Prinsip dasar yang harus anda perhatikan adalah :
1. Jujur, jangan pernah menuliskan informasi yang tidak benar dalam CV anda.
2. Singkat padat jelas, Jumlah halaman cukup 1 atau 2 lembar saja , terlalu panjang akan membuat orang malas membacanya
3. Perhatikan ejaan dan pilihan kata. Sebab pilihan kata mencerminkan diri kita dan untuk orang-orang yang ahli dibidang rekruetmen biasanya dapat mengenali karakter anda dengan melihat pilihan-pilihan kata anda

Selamat mencoba ... dan Sukses untuk Anda.

[disarikan dari berbagai sumber]
ARTIKEL TERKAIT :
1. Tips Mengelola Website 100% Gratis dengan Adsense
2. Hati-hati dengan tawaran mesin penghasil uang Otomatis di Internet- Lihat faktanya !

Dear my Friends,

Beritahu teman
Jika artikel ini bermanfaat bagi anda
melalui tombol jejaring sosial yang tersedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan Ber-Etika dan Sopan saling menghargai .... Berbagi itu Indah

PASSWORD : 123456

PRIMBON RAMALAN JODOH

lazada.co.id